Wednesday, 27/10 16:22:42
Satuan tugas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti dan Tentara Diraja Malaysia (TDM) Batalion 500 dan TDM Batalion 602 memperkuat kerja sama pengamanan perbatasan Indonesia-Malaysia di Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Home > Daerah > Sanggau

WARGA Kecamatan Meliau, Sanggau Proaktif Ikuti Vaksinasi Rabies Pada Hewan Peliharaan

12 Aug 2021, 11:19 WIB
Petugas Disbunnak Kabupaten Sanggau melakukan vaksinasi rabies pada hewan peliharaan warga Desa Harapan Makmur, Kecamatan Meliau Senin, 10 Agustus 2021 kemarin.(Ist/prokopim sanggau)

EDUKASIBORNEO, SANGGAU - Dalam rangka mewujudkan Sanggau bebas dari rabies, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Sanggau kembali melakukan program vaksinasi rabies.

Senin 09 Agustus 2021, vaksinasi rabies pada hewan penular rabies (HPR) dilakukan di Desa Harapan Makmur, Kecamatan Meliau.

Vaksinasi rabies di rutin setiap tahun untuk menjaga hewan tidak terpapar oleh virus rabies.

Adapun ketua tim vaksinator Kecamatan Meliau dikoordinir oleh Lasiman dan didampingi oleh wakil dari Disbunnak Kabupaten Sanggau, Dema Iqbal dan drh Dwi Maulana Syabani.

Saat pelaksanaan tim vaksinator juga didampingi oleh petugas Desa Harapan Makmur demi kelancaran vaksinasi.

Baca Juga : Pemkab dan Tim Gabungan Galakkan Vaksinasi Hewan Penular Virus Menuju Sanggau Bebas Rabies 2024

Vaksinasi dimulai dari pukul 09.30 WIB dan berakhir pada pukul 17.30 WIB. Respon warga Desa Harapan Makmur terhadap program vaksinasi rabies sangat baik.

Hal itu terlihat dari jumlah HPR yang tervaksinasi sebanyak 164 ekor dari jumlah populasi 229 ekor.

Melihat data tersebut bukan berarti tim vaksinator tidak memiliki kendala saat pelaksanaan vaksinasi.

Kendala yang dihadapi oleh tim vaksinator mulai lokasi Desa Harapan Makmur yang cukup jauh dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 3 jam, akses jalan yang dilalui juga cukup parah baik darat maupun sungai serta sulitnya penangkapan hewan yang akan di vaksin.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Annisa Januarsi
Sumber : Prokopim Sanggau