Materi PKn SMA Kelas 10 Semester Ganjil Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Home > Edu Politik

Waspada Potensi Hoax di Tahun Politik, Kenali Cara Periksa Website Kridibel dan Abal-abal

30 Oct 2022, 11:26 WIB
Waspada Potensi Hoax di tahun politik (EBC)

EDUKASI BORNEO - Tensi politik di tanah air perlahan mulai menghangat.

Sudah terdapat sejumlah nama-nama beken di level nasional yang mulai mencuat di permukaan.

Mereka digadang-gadang akan maju pada perhelatan demokrasi akbar pada 2024 mendatang.

Bukan hanya di level nasional, sejumlah tokoh-tokoh di daerah juga tak mau ketinggalan, termasuk di Kalimantan Barat.

Baca Juga : Siapkan Generasi Cerdas dan Berkualitas, Vinsensius Minta Seluruh OPD Perkuat Sinergisitas Tekan Angka Stunting

 

Sudah ada beberapa nama-nama yang cukup populer dibincangkan masyarakat di Kalbar tentang figur pemimpin di Kalbar berikutnya.

 

Baik di level Provinsi maupun di tingkat Kabupaten/Kota. Termasuk juga di antaranya anggota perwakilan rakyat baik level Kabupaten/Kota, Provinsi maupun level DPR RI.

 

Semua masyarakat di Indonesia tentu ingin pesta demokrasi nantinya berlangsung aman, lancar, bersih, jujur dan adil.

 

Pembelahan masyarakat yang cukup ekstrem pada pemilu-pemilu sebelumnya diharapkan tidak terjadi lagi.

 

Misinformasi dan disinformasi diharapkan nantinya tidak dipakai sebagai senjata oleh para pendukung setiap kontestan untuk mendulang popularitas dan elektabilitas.

 

Kendati demikian, sejumlah pengamat memprediksi bahwa misinformasi dan disinformasi masih menjadi ancaman dalam penyelenggaraan pemilu mendatang.

 

oleh karena itu, teman edukasi kita perlu memiliki kemampuan agar tak terpapar terhadap informasi hoax yang bisa merusak.

 

Beberapa tips yang bisa dilakukan dengan sederhana di antaranya 

 

Cek Situs Website

 

Ada banyak hoax yang beredar melalui situs-situs website yang tidak jelas atau abal-abal. teman edukasi perlu skeptis jika mendapatkan informasi dari website seperti itu. 

 

Cek Detali Visual

 

Perhatikan logo didalam website tersebut, biasanya logo dibuat asal-asalan. Tujuanya hanya ingin menyebarkan informasi bohong. Bahkan untuk mengelabui pembaca, oknum penebar hoak biasanya menyaru logo-logo website berita mainstrem.

 

Waspada terhadap Judul Bombastis.

 

Perlu diwaspadai jika ada judul yang bombastis untuk menjatuhkan atau memuji figur tertentu secara berlebihan dan minim fakta. Lebih baik biasakan membaca tuntas baru share atau komen di medsos.  jangan dibalik. heheh

 

Cek Tentang Kami atau About Us

 

Media Mainstrem atau media alternatif pasti akan mencantumkan informasi tentang mereka di dalam website. Jika ada website Anonim atau tidak menerangkan siapa saja dibalik media mereka, itu patut dicurigai dan tidak boleh langsung percaya.

 

Cek Informasi Melalui Google Penelusuran.

 

Langkah paling sederhana adalah lakukan penulusuran dengan kata kunci releven dengan informasi yang kita dapat dari website tertentu. Jika ada laporan dari media yang kridibel bacalah . Lebih  baik jika membandingkan dengan media mainstrem lainya. Sehingga kita benar-benar yakin bahwa informasi tersebut benar. (*)

 

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Edukasi Borneo